PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJAItAN KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA

Priwara , , Setyanti (2010) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJAItAN KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENERAPAN_METODE_EKSPERIMEN_DENGAN_PENDEKATAN_KETERAMPILAN_PROSES_PADA_PEMBELAJAItAN_KIMIA.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian tindak4m l:elas yang rnenerapkan metode eksperimen dengan pendekatan kcterampilm proses pada pembelajaran kimia siswa kelas XI semester 1 dan semester 2. I'enelitian ini bertujuan untuk rnengetahui kontribusi penggunaan metode eksperimen dengan pendekalan keterarnpilan proses pada pembelajaran konsep laju reaksi, kesetimbangan dan larutan pada siswa kelas XI. SMA N 1 Depok Yogyakmta. Dengan demikian, diharapkan sikap dan minat belajar siswa semakin baik karena metode yang digunakan telah disesuaikan dengan materi yang akan diberikan. Subjek penelitian adalah Was XI IPAz SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta. Pemilihan subjek dilakukau mclalui ttknil: purposive sampling. Penelitian dilakukan melalui pendekntao l:cterampilan proses dengan nielaksanakan kegiatan pembelajaran kimia meng,gunakan metode eksperimen yang disertai pemberian kesempatan untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasilnya. Pokok bahasan yang diambil adalah tingkat reaksi, faktor-faktor yang mc.mpengaruhi laju reaiksi, faktor-Faktor yang mempengaruhi kesetimbangan pada siklus I semester 1, kemuc'ian larutan pada siklus II semester a?. Untuk materi larutan yang diambil adalah sifat larutan menggunakan kertas lakmus dan pH meter, reaksi netralisasi yang terdiri dari titrasi asam basa dan penentuan kadar asam ctilca. Semua pokok bahasan tersebut diberikan dalam bentuk Lembar Kegiatan Siswa atau LKS dan jumlah semua LICS pada siklus 1 dar. 2 ada tujuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan pembelajaran tersebui memberikan kontribusi yaq, baik yang ditandai dengan prestasi belajar rata-rata siswa pada semester satu adumh 63,46 dan semester dua 63,69. Sedangkan mriuk sikap dan minat siswa juga baik, hal ini terlihat dari antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item