PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP

Utami, Fidiah Pamrih (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY AND METHODS PADA KETERCAPAIAN KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 BAB III.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran IPA masih berpusat pada guru dan hasil belajar IPA ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik kurang optimal sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya: (1) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (2) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif siswa kelas 8 SMP 2 Depok, (3) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok, dan (4) pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan pretestposttest nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah 127 siswa kelas VIII SMP N 2 Depok. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 8 D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran science technology society and methods dan 8 C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran science technology society and methods, (2) soal pretest-posttest, (3) lembar observasi sikap ilmiah, dan (4) lembar observasi practical skills. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods terhadap kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas 8 SMP 2 Depok digunakan uji manova. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif sebesar 5,7 % dengan nilai signifikansi 0,028 dan nilai F sebesar 4,153; (2) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar afektif sebesar 28,0 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 20,237; (3) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar psikomotorik sebesar 30,4 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F sebesar 22,698; (4) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis science technology society and methods pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa sebesar 21,37% dengan nilai signifikansi 0,000 dan F sebesar 6,579. Kata kunci: science technology society and methods, kognitif, afektif, psikomotorik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Program Studi Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 03 May 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32245

Actions (login required)

View Item View Item