PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY AND SCIENCE ISSUES PADA KETERCAPAIAN 3 RANAH HASIL BELAJAR SISWA SMP

Handayani, Tri (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY AND SCIENCE ISSUES PADA KETERCAPAIAN 3 RANAH HASIL BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 bab I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB III.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 daftar pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu implementasi pendekatan pembelajaran scientific inquiry and science issues yang belum optimal dan hasil belajar belum memuaskan sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues pada ketercapaian ranah kognitif siswa SMP, (2) pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues pada ketercapaian ranah afektif siswa SMP, (3) pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues pada ketercapaian ranah psikomotor siswa SMP, dan (4) pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues pada ketercapaian ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Tempel. Sampel dalam penelitian ini adalah VIII C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan scientific inquiry and science issues dan VIII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar keterlaksanaan pembelajaran scientific inquiry and science issues, (2) soal pretest-posttest, (3) lembar observasi sikap ilmiah, dan (4) lembar observasi practical skills. Untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues terhadap 3 ranah hasil belajar siswa SMP digunakan uji Manova. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues terhadap ranah kognitif sebesar 6,1 % dengan nilai signifikansi 0,036 dan nilai F 4,628; (2) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues terhadap ranah afektif sebesar 34,0 % dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai F 29,892; (3) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues terhadap ranah psikomotor sebesar 15,0 % dengan nilai signifikansi 0,002 dan nilai F 10,869; (4) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis scientific inquiry and science issues terhadap ranah kognitif, afektif dan psikomotor siswa dengan nilai signifikansi 0,000. Kata kunci: scientific inquiry and science issues, kognitif, afektif, psikomotor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 03 May 2016 07:07
Last Modified: 30 Jan 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32239

Actions (login required)

View Item View Item