PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBASIS PMRI PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LENEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SEMESTER I

ROSAINI, ROSAINI (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBASIS PMRI PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LENEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SEMESTER I. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
10 - BAB I - 03.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 - BAB II - 07.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 - BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 - Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar menggunakan model circuit learning berbasis PMRI pada pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII semester I yang memenuhi kriteria kualitas: valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat langkah: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan dan (4) diseminasi. Uji coba terbatas melibatkan satu orang guru matematika dan 18 siswa kelas IX yang mewakili siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.Uji coba lapangan melibatkan 32 siswa kelas VIII.B di SMP N 2 Kalasan provinsi Yogyakarta, dan satu orang guru sebagai pengamat dan satu mahasiswa sebagai observer. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan instrumen penilaian hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data deksriptif kualitatif untuk data yang berupa saran dan komentar, sedangkan data berupa skor penilaian secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar yang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid yang ditunjukkan dari persentase, penilaian ahli mencapai memenuhi kriteria valid yang ditunjukkan dari persentase penilaian ahli yang mencapai 87,27%. LKS memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru dan siswa yang termasuk dalam kategori sangat baik. Produk memenuhi kriteria kepraktisan juga berdasarkan persentase keterlaksanaan pembelajaran yang melebihi 89,52%. LKS memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil belajar siswa yaitu Tes Kemampuan Pemahaman Konsep yang berbentuk Pretest dan Posttest yang melebihi 80%. Berdasarkan hasil yang disebutkan di atas maka produk berupa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas. Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, model circuit learning berbasis PMRI, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 May 2016 04:22
Last Modified: 09 Mar 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32238

Actions (login required)

View Item View Item