PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS II SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO KULON PROGO

Suryani, Eka Ratna (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS II SD NEGERI GEMBONGAN SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Eka Ratna Suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan proses pembelajaran membaca menulis permulaan dengan model Quantum Teaching dan, (2) meningkatkan kemampuan membaca menulis permulaan dengan model Quantum Teaching pada siswa kelas II SD Negeri Gembongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian siswa kelas II yang terdiri dari 28 siswa. Objek penelitian adalah kemampuan membaca menulis permulaan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata. Data kualitatif dianalisis deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Hubermen 1984. Proses pembelajaran membaca menulis permulaan menggunakan model Quantum Teaching meliputi: (1) permainan tebak gambar (tumbuhkan), (2) mengamati cara membaca menulis dari guru (alami), (3) membaca menulis (namai), (4) berdikusi dan mempresentasikan hasil LKS (demonstrasikan), (5) membaca nyaring dan menulis kalimat (ulangi), (6) reward (rayakan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching dalam pembelajaran membaca menulis permulaan dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca menulis permulaan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas siswa pada kondisi awal 34%, siklus I 67,72%, dan siklus II 75,89%. Selain itu, nilai rerata kemampuan membaca menulis permulaan meningkat dari kondisi awal sebesar 53,46, rerata nilai pada siklus I sebesar 69,22, dan nilai rerata pada siklus II 81,98. Kata kunci: membaca menulis permulaan, Quantum Teaching, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 May 2016 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32229

Actions (login required)

View Item View Item