Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kelas Kasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengembangan Multilateral pada Siswa Kelas III SDN Salamkanci 2 Bandongan Magelang

Mayasari, Ratna (2012) Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Kelas Kasar melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengembangan Multilateral pada Siswa Kelas III SDN Salamkanci 2 Bandongan Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-mayasari-10711251006.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik kelas bawah melalui model pembelajaran berbasis pengembangan multilateral pada siswa kelas III SD N Salamkanci 2 Bandongan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas III SDN Salamkanci 2 Bandongan Magelang yang berjumlah 29 siswa. Penelitian berlangsung dari bulan April 2012 sampai Mei 2012, pada semester genap tahun pelajaran 2011-2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pengamatan (data observasi), hasil tes siswa dan lembar angket siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis pengembangan multilateral dapat meningkatkan keterampilan motorik kelas bawah pada siswa kelas III SDN Salamkanci 2 Bandongan Magelang. Berdasarkan data hasil tes pada siklus I rata-rata nilai siswa 74 meningkat dibandingkan sebelum diberikan tindakan yaitu 70,4. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 83. Pada siklus II 100% siswa dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 untuk nilai keterampilan motorik di SDN Salamkanci 2.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motorik kelas bawah, model pembelajaran, pengembangan multilateral
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 May 2016 03:17
Last Modified: 29 Jan 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32225

Actions (login required)

View Item View Item