LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Fahruddin, Fahruddin (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL Individu Fahruddin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 10 Agustus-12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 28 mahasiswa dari 12 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Akuntansi Kelas Internasional, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi Kelas Internasional, Pendidikan Fisika Kelas Internasional dan Pendidikan Bimbingan Konseling. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 12 September 2014, dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan di kelas XI IPA 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 dengan tiap pertemuan berdurasi satu jam pelajaran. kompetensi dasar yang diajarkan adalah menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindu, Buddha dan Islam). Sedangkan materi yang diajarkan meliputi kerajaan-kerajaan Hindu Buddha di Indonesia, teori masuknya Islam di Indonesia, kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia dan masuknya pengaruh kolonialisme di Indonesia. Semua materi tersebut disampaikan dengan metode pembelajaran yang berbeda-beda. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terdapat tanggapan yang baik dari para siswa mengenai metode pembelajaran yang telah dilakukakan praktikan. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, materi, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 May 2016 02:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32221

Actions (login required)

View Item View Item