PENGARUH VARIASI KONSENTRASI LARUTAN NANOPARTIKEL PERAK SEBAGAI BAHAN ADITIF DALAM BATAKO TERHADAP POROSITAS DAN KUAT TEKAN BATAKO

Lestari, Nur Dwi (2016) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI LARUTAN NANOPARTIKEL PERAK SEBAGAI BAHAN ADITIF DALAM BATAKO TERHADAP POROSITAS DAN KUAT TEKAN BATAKO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi nanopartikel perak, yang ditambahkan pada batako terhadap porositas dan kuat tekan. Berdasarkan porositas dan kuat tekan, kualitas batako dievaluasi. Langkah pertama dari penelitian ini adalah persiapan nanopartikel perak. Nanopartikel perak telah disintesis dengan konsentrasi 1 mM, 2 mM, 3 mM, 4 mM, dan 5 mM. Adanya nanopartikel perak ditentukan dengan menggunakan spektrofotometer Ultraviolet-Visible. Langkah selanjutnya adalah persiapan batako-nanopartikel perak. Larutan nanopartikel perak yang diperoleh dari langkah pertama ditambahkan ke dalam campuran semen dan pasir. Campuran kemudian dicetak dengan ukuran (5x5x5) cm3 dan direndam selama 14 hari. Pada hari terakhir, batako-nanopartikel perak diuji porositas menggunakan timbangan digital, kuat tekan dengan universal testing machine (UTM), dan strukturnya dengan X-ray Diffractometer (XRD). Data penelitian menunjukkan bahwa adanya nanopartikel perak pada batako berpengaruh pada porositas dan kuat tekan. Porositas batako menurun dengan meningkatkan dari nanopartikel perak, sedangkan kuat tekan meningkat. Dapat disimpulkan bahwa kualitas batako ditingkatkan karena adanya nanopartikel perak. Kata kunci: nanopartikel perak, batako, kuat tekan, porositas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 03 May 2016 07:05
Last Modified: 01 Feb 2019 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32218

Actions (login required)

View Item View Item