LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) Periode 10 Agustus – 12September 2015 Lokasi : SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No.39 Kotagede Yogyakarta

Fatma Ismawati, Fatma Ismawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL) Periode 10 Agustus – 12September 2015 Lokasi : SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No.39 Kotagede Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Fatma Ismawati.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Pelaksanaan PPL tersebut telah memberikan pengalaman kepada praktikan dalam hal pembelajaran dan pengembangan serta pengaplikasian ilmu pengetahuan. PPL UNY di SMA N 5 Yogyakarta adalah salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh UPPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik. SMA N 5 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang dipilih oleh Universitas Negeri Yogyakarta menjadi lokasi PPL terpadu. SMA N 5 Yogyakarta beralamat di Jalan Nyi Pembayun 39 Kotagede Yogyakarta. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA N 5 Yogyakarta tahun 2015 ini. Program PPL dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan pertengahan bulan September 2015. Program ini sedikit berbeda dengan program tahun lalu, karena pada program ini hanya kegiatan PPL tanpa KKN, sehingga waktu hanya satu bulan. Kegiatan PPL difokuskan pada pengembangan kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL yang dilakukan yaitu pembuatan RPP dan praktek mengajar di kelas X G dan XI CI. Selain pengajaran di kelas tersebut, kegiatan juga dilakukan untuk melakukan pendampingan pengajaran di kelas XF, yaitu mendampingi mahasiswa lain jurusan Biologi dalam mengajar, selain melakukan pendampingan, kegiatan juga bertujuan membantu mahasiswa dalam mengajar. Selain itu, kegiatan pendampingan juga dilakukan pada semua kelas XII dalam melakukan praktikum. Kegiatan PPL selain difokuskan dalam kegiatan mengajar, juga dilengkapi dengan kegiatan penunjang seperti melakukan pendampingan dalam kegiatan ekstrakurikuler maupun kegiatan sekolah yang lain. Di sisi lain, kegiatan PPL diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa, siswa maupun guru sehingga apa yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dapat memiliki dampak positif yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di SMAN 5 Yogyakart

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Proses Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 May 2016 02:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32217

Actions (login required)

View Item View Item