LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AJARAN 2015/2016 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Atyasa Anindita, Atyasa Anindita (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TAHUN AJARAN 2015/2016 SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Atyasa Anindita.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan pada 10 Agustus-12 September 2015. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, dan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 11 Agustus 2015, dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan di kelas XA, XB, XC, XD, XE, dan XH dengan tiap pertemuan berdurasi tiga jam pelajaran. Materi yang diajarkan pada pelaksanaan mengajar terbimbing praktik pengalaman lapangan meliputi pengukuran, besaran satuan, dimensi, dan angka penting. Pembelajaran fisika diterapkan menggunakan pendekatan kontekstual. Setiap peremuan selalu melibatkan siswa salam diskusi dengan harapan agar siswa aktif. Pembelajaran kontekstual diharapkan mampu menghasilkan pengetahuan tentang lingkungan sekitar yang berhubungan dengan sains yang para siswa temukan sendiri melalui pengalaman belajar. Pada pelaksanaan pembelajaran oleh mahasiswa PPL, dilaksanakan satu kali pertemuan untuk praktikum pengukuran di laboratorium fisika SMA Negeri 5 Yogyakarta. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Beberapa hambatan ketika melaksanakan PPL, yakni mahasiswa PPL masih kurang kooperatif antara skenario pembelajaran di RPP dengan implementasi di kelas. Mahasiswa PPL sering menemui kendala bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran saat mahasiswa PPL hanya berkutat pada RPP semata. Sementara itu, seni pengajaran “improvisasi” justru menjadikan suasana kelas lebih aktif

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: praktik pengalaman lapangan, fisika, kontekstual
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 May 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32212

Actions (login required)

View Item View Item