LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Deti Suwanti, Deti Suwanti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Deti Suwanti.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 10 Agustus-12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 28 mahasiswa dari 12 program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Seni Tari, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Akuntansi Kelas Internasional, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi Kelas Internasional, Pendidikan Fisika Kelas Internasional dan Pendidikan Bimbingan Konseling. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 19, 21, 22, 24, 31 Agustus dan 7 September 2015, dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan di kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3 dengan tiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran. Materi yang diajarkan yaitu pada Bab Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia. Materi dibagi menjadi 3 kali pertemuan yang berdasarkan kompetensi dasarnya. Sub materi yang disampaikan meliputi Teori atom Bohr dan mekanika kuantum, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia. Pembelajaran didesain agar peserta didik aktif sehingga ada interaksi dua arah antara peserta didik dan guru. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan inkuiri dan problem based learning. Sedangkan metode yang digumakan dalam pembelajaran meliputi metode ceramah interaktif, tanya jawab, diskusi, modified snow ball throwing, dan team Quiz. Pada pertemuan keempat dilakukan evaluasi terhadap materi yang telah disampaikan. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Meskipun ada beberapa hambatan seperti peserta didik yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, namun hal tersebut dapat diatasi dengan adanya variasi penyampaian materi yang dilakukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Aktif, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 May 2016 02:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32210

Actions (login required)

View Item View Item