HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KETERAMPILAN DASAR BOLA VOLI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP N 2 SEWON TAHUN AJARAN 2014/2015

Siswandaru (2015) HUBUNGAN ANTARA MINAT DENGAN KETERAMPILAN DASAR BOLA VOLI SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP N 2 SEWON TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi fix(pak hari yuliarto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi pembelajaran permainan bola voli yang dilakukan pada saat Praktek Pengalaman Lapangan dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dengan keterampilan dasar bola voli siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP N 2 Sewon tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah desain korelasional (Correlational Design). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan angket penelitian dan tes keterampilan. Variabel yang menjadi variabel bebas adalah minat siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP N 2 Sewon terhadap pembelajaran keterampilan bola voli yang dilihat dari 3 faktor, yaitu tertarik/rasa senang, perhatian dan aktivitas.Sedangkan variabel terikatnya yaitu keterampilan dasar bola voli. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMP N 2 Sewon, yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat kuat sekali dan signifikan antara minat dengan keterampilan dasar bola voli siswa dengan nilai korelasi 0,842 dan pengaruh variabel minat terhadap keterampilan dasar bola voli sebesar 70,9 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi minat siswa terhadap pembelajaran ekstrakurikuler bola voli maka keterampilan dasar bola voli siswa juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Keterampilan dasar bola voli.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 May 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32207

Actions (login required)

View Item View Item