PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH SE-GUGUS SEKOLAH SIDAYU KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO

Dwi Sulistyawati (2015) PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM UPAYA PENINGKATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH SE-GUGUS SEKOLAH SIDAYU KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI SULISTYAWATI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pelayanan kesehatan di sekolah-sekolah se-Gusek Sidayu Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo yang masih menunjukan adanya beberapa permasalahan. Terutama terkait dengan pelayanan kesehatan dalam peningkatan UKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan pada siswa SD se-Gusek Sidayu Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi pencapaian tujuan pelayanan kesehatan pada siswa SD se-Gusek Sidayu Kecamatan Leksono Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh petugas UKS di sekolah tingkat SD se-Gusek Sidayu yang berjumlah 9 sekolah, sedangkan sampelnya yaitu keseluruhan populasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskripstif kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data-data yang diperoleh dari hasil kuesioner, sedangkan analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data-data hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan pada siswa SD se-Gusek Sidayu sangat baik oleh 2 sekolah (22,22%), cukup baik oleh 4 sekolah (44,44%), dan kurang baik oleh 3 sekolah (33,33%). Dari 9 sekolah dasar se-Gusek Sidayu masih terdapat 2 sekolah (22,22%) yang kelengkapan sarana dan prasarananya kurang. Sebagian besar sekolah yaitu 4 sekolah (44,44%) memiliki kelengkapan cukup baik, dan 3 sekolah (33,33%) telah memiliki kelengkapan sangat lengkap. Indikator kegiatan pelayanan kesehatan di sekolah yang paling rendah tingkat ketercapaiannya adalah indikator kegiatan promotif. Sementara faktor pendukung pencapaian tujuan pelayanan kesehatan untuk siswa adalah SDM dan partisipasi, sedangkan ketersediaan anggaran dan infrastruktur yang belum mencukupi merupakan kendala dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan untuk siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pelayanan kesehatan siswa, unit kesehatan sekolah, Gusek Sidayu.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 May 2016 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32206

Actions (login required)

View Item View Item