HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Akhmad, Syaiful Adnan (2016) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Akhmad Syaiful Adnan 08505241014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015 Oleh: Akhmad Syaiful Adnan NIM. 08505241014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran gambar teknik terhadap prestasi belajar menggambar dengan perangkat lunak dengan bantuan program AutoCAD pada siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan di SMKN 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi berjumlah 84 siswa diambil dari seluruh populasi siswa kelas XI program studi gambar bangunan tahun ajaran 2014/ 2015. Pengambilan data variabel prestasi belajar gambar teknik menggunakan metode dokumentasi nilai raport semester 1 dan variabel prestasi belajar autocad dengan dokumentasi nilai raport semester 2. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi produk momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara prestasi belajar gambar teknik dengan prestasi belajar autoCAD, dengan dibuktikan koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,54 > 0,2144). Kata kunci: AutoCAD, Gambar Teknik, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 May 2016 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32205

Actions (login required)

View Item View Item