Pengembangan Multilateral Dengan Permainan Kotak dan Bola pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah

Furkan, Furkan (2012) Pengembangan Multilateral Dengan Permainan Kotak dan Bola pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-furkan-09711251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan kotak dan bola untuk mengembangkan keterampilan multilateral siswa sekolah dasar kelas bawah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas bawah. Model yang dikembangkan adalah permainan kotak dan bola dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan multilateral. Pengembangan model didasarkan pada kajian literatur, karakteristik pertumbuhan dan perkembangan anak, pola perkembangan bermain anak, tingkat keamanan serta kreativitas guru. Penelitian ini mencakup tiga tahapan yaitu validasi terhadap kualitas model yang dikembangkan oleh ahli (dosen ahli). Hasil validasi ahli selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil dengan melibatkan 6 orang siswa SD Negeri Bawuran Pleret Bantul. Pelaksanaan uji skala kecil diobservasi langsung oleh 2 guru Penjas dan 1 dosen ahli dengan menilai hasil dokumentasi. Hasil revisi skala kecil digunakan untuk melaksanakan uji skala besar yang melibatkan 12 orang siswa. Pelaksanaan uji skala besar juga diobservasi langsung oleh 2 Guru Penjas dan 1 dosen ahli melalui dokumentasi menggunakan foto dan CD. Pada tahapan uji skala besar terlihat bahwa baik guru maupun pakar telah sepakat model permainan yang dikembangkan layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan multilateral anak SD usia kelas bawah. Sebagian besar siswa memberikan respon yang positif terhadap model permainan kotak dan bola. Hasil tes kemampuan siswa juga menunjukkan kemampuan multilateral siswa semakin baik setelah mengikuti model permainan kotak dan bola. Hasil dari pengembangkan model permainan kotak dan bola terdiri dari 8 jenis permainan yaitu: (1) permainan melempar bola dengan sasaran mengenai kotak, (2) permainan menendang bola dengan sasaran mengenai kotak, (3) permainan keliling dunia, (4) permainan melompat kotak dilanjutkan dengan lari zig-zag, (5) sprint kelak-kelok, (6) lari dan lompat keliling, (7) berlari menjatuhkan bola yang disimpan di atas kotak yang berada di samping kanan dan kiri, dan (8) lomba gabungan lari dan lempar. Produk akhir pengembangan model permainan berupa buku pedoman pelaksanaan permainan yang sudah direvisi dan dibuat dalam bentuk CD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multilateral, permainan kotak dan bola, sekolah dasar
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2016 06:26
Last Modified: 29 Jan 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32201

Actions (login required)

View Item View Item