Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Partisipan Masyarakat pada Fitness Center di Yogyakarta

Choirudin, Choirudin (2012) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Partisipan Masyarakat pada Fitness Center di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-choirudin-10711251022.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh beberapa fitness center yang ada di Yogyakarta dalam meningkatkan partisipan masyarakat untuk berolahraga. Dalam rangka meningkatkan jumlah partisipan masyarakat yang sejalan dengan visi bangsa yaitu mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, serta tentunya menghasilkan profil bagi organisasi. Kelemahan umum dalam membuka suatu bisnis olahraga khususnya fitness center adalah dalam melakukan pemasaran, terutama strategi pemasaran barang atau jasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan pengambilan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun tempat penelitian ini adalah Klub Ade Rai Yogyakarta, Victory sport dan fitness center, GOR UNY fitness center, dan Kartika Dewi fitness center. Subjek penelitian adalah pengelola fitness center maupun member yang dimilikinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data yang bersifat induktif dengan langkah-langkah antara lain reduksi data, displai data, serta kesimpulan dan verifikasi data. Kesimpulannya adalah bahwa Klub Ade Rai Yogyakarta, Victory sport dan fitness center, GOR UNY fitness center dan Kartika Dewi fitness center selama ini strategi pemasaran yang digunakan dalam meningkatkan jumlah partisipan masyarakat untuk berolahraga pada fitness center adalah dengan meningkatkan kualitas jasa yang berupa program-program latihan maupun senam, menyediakan sarana dan prasarana juga fasilitas yang memadai, nyaman dan aman bagi para member, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada member. Ketiga hal tersebut merupakan penting bagi suatu fitness center karena jasa yang dihasilkan fokusnya kepada member. Hendaknya pada waktu memberikan pelayanan atau melayani orang lain hendaknya bermurah hati (seperti senyum, ramah tamah, dan sopan serta santun).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, fitness center, masyarakat, olahraga
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2016 08:44
Last Modified: 29 Jan 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32198

Actions (login required)

View Item View Item