Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunagrahita

Intani, Andini Dwi (2012) Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunagrahita. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andini-dwi-intani-10711251036.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model-model pembelajaran motorik berbasis permainan pada mata pelajaran pendidikan jasmani anak tunagrahita yang layak digunakan. Permainan-permainan yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru SLB sebagai salah satu bentuk pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi oleh ahli dan revisi, (5) menguji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) menguji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan kepada siswa di SLB/C Dharma Rena Ring Putra II yang melibatkan 5 anak. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa di SLB Pembina Yogyakarta dan siswa di SLB/C Dharma Rena Ring Putra II yang berjumlah 12 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) angket, (2) lembar pedoman observasi permainan, dan (3) lembar format penilaian anak. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan buku panduan pembelajaran motorik berbasis permainan pada mata pelajaran penjas anak tunagrahita, yang berisikan sepuluh model permainan, yaitu: (1) Model pembelajaran motorik berbasis permainan puzzle memasangkan balok sesuai bentuk, (2) Model pembelajaran motorik berbasis permainan puzzle memasangkan bentuk gambar, (3) Model pembelajaran motorik berbasis permainan memutari lingkaran, (4) Model pembelajaran motorik berbasis permainan melempar bola ke arah bendera, (5) Model pembelajaran motorik berbasis permainan melempar bola ke Simpai, (6) Model pembelajaran motorik berbasis permainan menendang bola ke gawang, (7) Model pembelajaran motorik berbasis permainan memasukkan bola kedalam tabung, (8) Model pembelajaran motorik berbasis permainan memasukkan urutan lingkaran, (9) Model pembelajaran motorik berbasis permainan mengambil bintang, dan (10) Model pembelajaran motorik senam gerak dan lagu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pembelajaran motorik, anak tunagrahita
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2016 08:05
Last Modified: 29 Jan 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32196

Actions (login required)

View Item View Item