ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN KONVERSI SISTEM BILANGAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN

Adhitama, Adhitama (2016) ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN KONVERSI SISTEM BILANGAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Adhitama 08520244063.pdf

Download (50MB) | Preview

Abstract

ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN KONVERSI SISTEM BILANGAN BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X PAKET KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN SLEMAN Oleh: Adhitama NIM. 08520244063 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pembuatan media pembelajaran konversi sistem bilangan berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran sistem komputer kelas X paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran konversi sistem bilangan berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran sistem komputer kelas X paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Beberapa alur dalam penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan revisi produk. Objek penelitian berupa media pembelajaran konversi sistem bilangan berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran sistem komputer kelas X paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan yang berjumlah 56 siswa. Pengujian penelitian menggunakan ahli media dan ahli materi serta siswa kelas X paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan sebagai responden. Perolehan data diolah dengan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran ini. Hasil analisis data menunjukkan tingkat kelayakan oleh ahli media sebesar 79,77% yang termasuk kategori sangat layak, ahli materi sebesar 94,73% yang dikategorikan sangat layak dan siswa sebagai pengguna sebesar 96,52% yang dikategorikan sangat layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran konversi sistem bilangan berbasis Adobe Flash pada mata pelajaran sistem komputer kelas X paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman sudah sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, adobe flash, sistem komputer.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 29 Apr 2016 03:46
Last Modified: 29 Apr 2016 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32172

Actions (login required)

View Item View Item