EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN

Ismiasih, Lia (2016) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Lia Ismiasih_11105241046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode role playing dalam mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Pakem Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment, dengan variabel terikat keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa, serta variabel bebas adalah metode role playing tanpa dampingan guru. Desain penelitiannya yaitu pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Pakem Sleman, 17 siswa kelas IPS sebagai kelas eksprerimen dan 15 siswa kelas IPA sebagai kelas kontrol. Objek penelitian berupa keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan penilaian unjuk kerja. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi rating scale dan lembar penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode role playing tanpa dampingan guru lebih berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa dibandingkan metode role playing dengan dampingan guru. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis uji-t gain score kedua kelompok, hasil uji t diperoleh t hitung yaitu 2,144 dan memperoleh signifikansi 0,40 lebih besar dari 0,05 sehingga Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan perbedaan rata-rata (mean) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu sebesar 4.00. Dapat disimpulkan bahwa metode role playing tanpa dampingan guru mempengaruhi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas XI dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dibandingankan metode role palying dengan dampingan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 09 May 2016 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32171

Actions (login required)

View Item View Item