ALAT UJI UNJUK KERJA CDI DAN COIL SEPEDA MOTOR

Samsul, Huda (2011) ALAT UJI UNJUK KERJA CDI DAN COIL SEPEDA MOTOR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Other (Document)
TEST_EQUIPMENT_PERFORMANCE_CDI_AND_COIL_MOTORCYCLE.PDF

Download (27kB) | Preview

Abstract

Tujuan penyusunan proyek akhir ini adalah merancang, membuat, dan menguji kinerja dari alat uji unjuk kerja CDI dan coil ini dalam mendeteksi kinerja berbagai kondisi CDI dan coil. Alat uji ini merupakan pengembangan dari keterbatasan CDI Tester karya mahasiswa. Alat uji ini dapat memvisualisasikan kinerja CDI dan coil pada busi maupun kawat penghantar dalam berbagai perubahan putaran kerja Alat uji unjuk kerja ini dibuat melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan,pembuatan, dan pengujian. Tahap perencanaan meliputi perencanaan box, sumber tegangan, sistem pemicu kerja CDI dan indikator putaran kerja, perencanaan sistem udara bertekanan, rancangan waktu pelaksanaan dan biaya yang dibutuhkan. Proses pembuatan sumber tegangan memanfaatkan dua buah trafo step down yang menghasilkan tegangan 110 AC Volt dan 12 DC Volt. Pembuatan sistem pemicu kerja CDI menghasilkan putaran maksimal 7600 RPM dan tegangan output pulser 0,5 AC Volt. Pembuatan sistem udara bertekanan mampu memberikan tekanan pada busi di pressure chamber sebesar 4 kg/cm2. Pengujian terhadap ketahanan alat uji unjuk kerja dalam menguji CDI dan coil baru mampu melakukan pengujian selama 3 menit tanpa ada kerusakan alat. Alat uji unjuk kerja mampu menghasilkan putaran stabil pada 2000-7600 RPM,mampu memvisualisasikan kualitas dan kekuatan percikan yang dapat diamati pada kawat penghantar. Pengujian terhadap 9 buah CDI AC C100 pada 7600 RPM didapatkan hasil, CDI kondisi baru warna percikan biru dan memiliki kemampuan percikan maksimal pada 5,5 mm. Kondisi CDI yang terpakai di kendaraan menghasilkan warna biru dengan panjang 5 mm. Satu CDI karya mahasiswa menghasilkan warna biru dengan panjang 3 mm. CDI bekas sebanyak 5 buah dan CDI karya mahasiswa yang lain tidak dapat menghasilkan percikan walaupun jarak kawat dipersempit menjadi 0,3 mm sehingga dapat disimpulkan CDI tersebut tidak berfungsi (mati) dan tidak dapat lagi digunakan pada kendaraan bermotor. Pengujian 8 buah CDI DC didapatkan hasil, CDI baru warna percikan biru dengan panjang maksimal 6,5 mm. CDI terpakai warna percikan biru dan 6 mm. satu CDI bekas mampu menghasilkan percikan berwarna biru dan panjang percikan 4 mm, kelima CDI bekas yang lain tidak dapat menghasilkan percikan dan disimpulkan mati. Pada pengujian 7 buah coil, coil baru menghasilkan panjang percikan 6 mm dan berwarna biru. Coil terpakai menghasilkan warna percikan biru dan memiliki panjang percikan 5 mm. Coil bekas sebanyak 4 buah tidak dapat menghasilkan percikan pada kawat penghantar. Berdasarkan data hasil pengujian, alat uji unjuk kerja dapat digunakan untuk mendeteksi kondisi kerja CDI dan coil sepeda motor dalam berbagai kondisi.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 08 Aug 2012 18:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3217

Actions (login required)

View Item View Item