PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PEMBELAJARAN IPA PENGGOLONGAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SINDUADI SLEMAN

Hendyanto Dwiputra, Dias (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PEMBELAJARAN IPA PENGGOLONGAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SINDUADI SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Dias Hendyanto Dwiputra_11105244005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media monopoli pembelajaran IPA penggolongan hewan yang layak digunakan untuk pembalajaran IPA kelas 4 Sekolah Dasar. Jenis penelitian menggunakan model Research and Development menurut Borg and Gall. Prosedur penelitian melalui sembilan tahap penelitian. Adapun tahap penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan data awal, perencanaan produk, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk, uji lapangan operasional dan penyempurnaan produk akhir. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri 1 Sinduadi, Mlati, Sleman, dengan tiga kali uji coba yaitu 4 siswa untuk uji coba awal, 12 siswa untuk uji coba lapangan utama, dan 20 siswa untuk uji lapangan operasional. Metode penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengembangan media monopoli pembelajaran penggolongan hewan untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Sinduadi Sleman ini telah menempuh 9 langkah pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 4,57 (Sangat Layak). Hasil validasi ahli media, mendapatkan skor 4 (Layak). Hasil uji coba lapangan awal, dengan subyek penelitian 4 orang siswa, mendapatkan persentase nilai 78,1% dan masuk dalam kategori “Layak”. Hasil uji lapangan utama, dengan subyek penelitian 12 orang siswa, mendapatkan persentase nilai 92,7% dan masuk dalam kategori “Layak”. terakhir, uji lapangan operasional, dengan subyek penelitian 20 orang siswa, mendapatkan persentase nilai 98,1% dan masuk dalam kategori “Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 09 May 2016 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32168

Actions (login required)

View Item View Item