Ernawati, Ernawati and Wijaya, Aryadi (2016) Keefektifan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Partisipasi Siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta Kelas. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam setting pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) danpembelajaranekspositoriditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan partisipasi siswa SMP Negeri 2 Yogyakarta kelas VIIdan mengetahui apakah pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam setting pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dibandingkan pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan partisipasi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimensemu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Yogyakarta. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang diberiperlakuandengan pendekatan RME dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang diberiperlakuandengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berupa pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan instrumen nontes yang berupa angket awaldanangketakhiruntukmengukurpartisipasi siswa serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) pendekatan RME dalam setting pembelajaran kooperatif tipeTGT efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 2) pendekatanRME dalam setting pembelajaran kooperatif tipeTGT efektif ditinjau dari partisipasi siswa, 3) pembelajaran ekspositoritidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 4) pembelajaran ekspositori tidakefektif ditinjau dari partisipasi, 5) pendekatan RME dalam setting pembelajaran kooperatif tipeTGT lebih efektif dibanding pembelajaran ekspositori ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah, 6) pendekatan RME dalam setting pembelajaran kooperatif tipeTGT lebih efektif dibanding pembelajaran ekspositori ditinjau dari partisipasi siswa. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, partisipasi, RME, TGT, ekspositori
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 09 May 2016 04:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 07:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32164 |
Actions (login required)
View Item |