LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Dyah Retna Palupi, Dyah Retna Palupi (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Dyah Retna Palupi.pdf

Download (43MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada 10 Agustus-12 September 2015. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa sebagai tenaga keguruan yang profesional dan memiliki pengetahuan, sikap, serta keterampilan yang memadai. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktik mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 18, dilanjutkan tanggal 19, 20, 24, 25, 26, 27, 31 Agustus dan 1, 3, 7, 9, 10, 11 September 2015, dilakukan sebanyak 19 kali pertemuan di kelas XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPA 3, XII IPS 1, dan XII IPS 2 dengan tiap pertemuan berdurasi dua jam pelajaran. Pokok bahasan yang diajarkan adalah Resensi Kumpulan Cerpen, Diskusi dan Menanggapi Pembacaan Penggalan Novel pada SK 5, 8, 4, 2 KD 5.1, 8.1, 4.3, dan 2.2 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP. Materi Menulis Resensi Kumpulan Cerpen yang diajarkan meliputi pokok bahasan bagaimana cara menulis resensi kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi. Materi Diskusi yang diajarkan meliputi pokok bahasan bagaimana menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir. Materi Diskusi yang diajarkan meliputi pokok bahasan bagaimana cara menyampaikan intisari buku dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi. Materi Diskusi yang diajarkan meliputi pokok bahasan bagaimana menanggapi novel berdasarkan vokal, intonasi dan penghayatan dan semuanya dikaitkan dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa. Program kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar. Selain itu, peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas juga memberikan kelancaran dalam program tersebut. Terlaksananya program PPL ini juga tidak terlepas dari dukungan dan bantuan pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun, praktikan menemui beberapa hambatan ketika melaksanakan PPL, yakni praktikan masih kurang kooperatif antara skenario pembelajaran di RPP dengan implementasi di kelas. Praktikan masih mengunggulkan seni mengajar “improvisasi”. Saat di kelas, praktikan sering menemui kendala bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran saat praktikan hanya berkutat pada RPP semata. Sementara itu, seni pengajaran “improvisasi” justru menjadikan suasana kelas lebih aktif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran,Aktif
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32163

Actions (login required)

View Item View Item