LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No . 39 Kotagede, Yogyakarta PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015

Rachman Fahrisal, Rachman Fahrisal (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Jl. Nyi Pembayun No . 39 Kotagede, Yogyakarta PERIODE 10 AGUSTUS - 12 SEPTEMBER 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Individu PPL Rachman Fahrizal.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 5 Yogyakarta ini dibuat bertujuan sebagai pertanggungjawaban Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) BK UNY 2015 di sekolah pada tanggal 10 Agustus-12 September 2015 yang berisi tentang pelaksanaan PPL BK yaitu berupa praktek persekolahan, praktek Bimbingan dan Konseling di sekolah, serta hambatan pelaksanaan PPL dan cara mengatasinya. Praktek persekolahan merupakan praktek yang meliputi tugas-tugas non Bimbingan dan Konseling seperti tugas, piket pembelajaran, piket perpustakaan, melakukan program-program kegiatan di sekolah seperti pagi simpati, pengajian pada pagi hari, dan sebagainya. Praktek Bimbingan dan Konseling di sekolah berisi kegiatan-kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah yang dapat dilaksanakan serta hasil yang dicapainya dari masing-masing kegiatan oleh mahasiswa/praktikan. Hambatan pelaksanaan PPL pasti selalu ada dalam setiap kegiatan PPL yang membuat praktikan tidak sepenuhnya dapat memaksimalkan tugasnya sebagai mahasiswa praktikan PPL misalnya terkendalanya mahasiswa praktikan untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam praktek persekolahan yaitu piket pembelajaran karena mahasiswa praktikan harus diminta selalu siap sedia berada di Ruang BK. Namun ada sisi positifnya karena mahasiswa praktikan mampu lebih fokus bertugas memenuhi tugasnya melaksanakan praktek Bimbingan dan Konseling yang dapat dilaksanakan di sekolah. Pada realisasinya kegiatan berjalan sesuai dengan target yang sudah direncanakan layanan klasikal mampu dilakukan sebnyak 9 kali dengan menggunkan 5 RPL. Bimbingan konseling konseling kelompok sebanyak satu kali dan satu kali konseling individual. Praktik layanan instrument dilakukan melalui analisis Media Lacak Masalah dan Sosiometri pada kelas XII sejumah 3 kelas yaitu kelas XII IPA 1,XII IPA 2 dan XII IPS 1.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan, Bimbingan konseling
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32162

Actions (login required)

View Item View Item