Pengaruh Latihan Autogenic Relaxation dan Progresive Muscle Relaxation terhadap Kecemasan Atlit Bola Voli Junior Daerah Istimewa Yogyakarta

Mahendra, Agung (2012) Pengaruh Latihan Autogenic Relaxation dan Progresive Muscle Relaxation terhadap Kecemasan Atlit Bola Voli Junior Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agung-mahendra-10711251029.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan autogenic relaxation terhadap penurunan kecemasan atlet bolavoli junior putra di DIY, pengaruh latihan progressive muscle relaxation terhadap penurunan kecemasan atlet bolavoli junior putra di DIY, dan mengetahui perbedaan pengaruh latihan autogenic relaxation dan progressive muscle relaxation terhadap penurunan kecemasan atlet bolavoli junior putra di DIY. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan dua kelompok yang memperoleh perlakuan (treatment) yang berbeda. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test dan post test group. Dalam penelitian ini terdapat dua macam variabel yaitu variabel bebas (latihan Autogenic Relaxation dan latihan Progresive Muscle Relaxation) dan variabel terikat adalah kecemasan. Dalam penelitian ini subjek menggunakan atlet bolavoli junior putra di DIY sebanyak 12 atlet putra. Teknik pengumpulan data kecemasan dilakukan dua kali, yaitu saat pretest dan posttest menggunakan instrumen SAS-2. Instrumen penelitian untuk mengukur kecemasan atlet bolavoli menggunakan SAS-2 untuk usia 13 - 14 tahun. Instrumen penelitian untuk mengukur performa atlet bolavoli menggunakan Game Performance Assesment Instrument (GPAI). Validitas instrumen menggunakan construct validity. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t, meliputi beberapa langkah yaitu: uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas serta uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan autogenic relaxation terhadap penurunan kecemasan atlet bolavoli junior putra DIY (t hitung 10,127 > t tabel 2,570. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan progressive muscle relaxation terhadap penurunan kecemasan atlet bolavoli junior putra DIY (t hitung 6,928 > t tabel 2,570) pada taraf signifikansi sebesar 0,05. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan pengaruh latihan autogenic relaxation dan progressive muscle relaxation terhadap penurunan kecemasan atlet bolavoli junior putra di DIY (t hitung 1,112 < t tabel sebesar 2,228) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,041.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: autogenic relaxation, progresive relaxation, kecemasan
Subjects: Olahraga
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:04
Last Modified: 29 Jan 2019 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32159

Actions (login required)

View Item View Item