LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA

Tulus Van Shahiba, Tulus Van Shahiba (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL (SMSR) YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Lap. TVS.doc

Download (226kB)

Abstract

PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa S1 program kependidikan yang bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, menghayati permasalahan di suatu sekolah ataupun lembaga tertentu. Sebagai salah satu lembaga yang mencetak pendidik-pendidik yang unggul, Universitas Negeri Yogyakarta sendiri bekerja sama langsung dengan berbagai jenjang tingkatan sekolah yang berada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya dalam program PPL ini. Adapun beberapa metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancangan program, pembekalan oleh DPL PPL, persiapan mengajar dengan konsultasi guru pembimbing, memberikan materi tentang Lukis Modern dan Lukis Mix Media, KBM, pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL dan penyusunan laporan PPL. Secara garis besar, dalam pelaksanaan PPL di SMK N 3 Kasihan (SMSR YOGYAKARTA) ini merupakan suatu pengalaman yang sangat besar dan berharga. Hal tersebut dibenarkan dengan kondisi siswa yang ada di sekolah merupakan siswa-siswa pilihan yang telah melalui tes dan seleksi secara ketat, dimana sekolah ini merupakan sekolah tingkat menengah berprogram studi seni rupa yang pertama di Indonesia. Dengan visi “terdepan dalam mutu” dan juga slogan “ the way to be creative ”, sekolah ini memang mempunyai karakter tersendiri yang tidak ditemukan di sekolah pada umumnya. Begitu juga dengan cara berfikir siswa dan juga pendidik di sekolah ini benar benar lebih kreatif dan inovatif sehingga memerlukan cara mengajar yang berbeda pula. Secara umum PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswa tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga,selain sebagai modal bekerja dimasa depan, PPL juga membiasakan mahasiswa untuk menghadapi situasi dimana pendidik harus bertindak cepat tepat dan mengetahuiberbagai macam karakter siswanya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:21
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item