LAPORANKEGIATAN PRAKTIK PENGALAMANLAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL(SMSR) YOGYAKARTA

Suhendra, Suhendra (2015) LAPORANKEGIATAN PRAKTIK PENGALAMANLAPANGAN SMK N 3 KASIHAN BANTUL(SMSR) YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Hendra Laporan.docx

Download (169kB)

Abstract

PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswaS1 program kependidikan yang bertujuan untuk melatih danmengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, mengingkatkan kemampuanmahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasaisecara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikandan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal,mempelajari, menghayati permasalahan sekolah atau lembaga.PPL merupakan matakuliah wajib yang harus ditempuh bersamaan dengan kegiatan KKN. PPL diadakandi sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan Universitas NegeriYogyakarta sebagai lembaga yang mencetak pendidik-pendidikberprestasi. Metode yang digunakan diantaranya observasi pra PPL, pengadaan kuliah pengajaran mikro/micro teaching, penyusunan rancanganprogram, pembekalan oleh DPL PPL, persiapan mengajar dengan konsultasiguru pembimbing, memberikan materi tentang Animasi dasar, Animasi 2D, KKPI dalam KBM pelaksanaan program dan monitoring oleh DPL PPL danpenyusunan laporanPPL. Kesimpulannya, secara khusus dalam pelaksanaan PPL di SMK Negeri3 Kasihan (SMSR) yang mempunyai program studi seni rupamerupakan pengalamanbarudanmenantangyangtidakdirasakanolehsemuamahasiswa, dimana setiap siswa mempunyai karakter unik dan kebiasaan yangberbeda dengankondisidisekolahumumlainyakarenaprosesbelajarmengajarlebih kepada kebebasan. Dimana setiap siswa membutuhkan pembimbingankhusus. Sehingga membutuhkan perlakuan dan cara mengajar yang berbeda pula.Secara umum PPL dapat menambah pemahaman dan penghayatan mahasiswatentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau lembaga,selainsebagai modal bekerja dimasa depan, PPL juga membiasakan mahasiswauntuk menghadapi situasi dimana pendidik harus bertindak cepat untukmenghadapi persoalan yang sedangterjadi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMSR, Animasi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:19
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32154

Actions (login required)

View Item View Item