LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Indriyan, Indriyan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL INDRIYANI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK N 3 KasihanBantul (SMSR) Yogyakarta. Program PPL dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan pertengahan bulan September 2015. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan dan pemahaman mengenai berbagai aspek kependidikan dan pemberian berbagai bentuk program layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan oleh seorang guru pembimbing, dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan layanan bimbingan di sekolah yang profesional. Dalam pelaksanaan PPL program studi Bimbingan dan Konseling,mahasiswa praktikan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah, yaitu memberikan bimbingan kelas/ klasikal, bimbingan kelompok, membuat program pelaksanaan PPL, analisis masalah siswa berdasarkan IKMS (Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Siswa) yang dijadikan sebagai dasar pemberian layanan bimbingan dan konseling pada siswa. Analisis hubungan sosial diantara siswa berdasarkan sosiometri. Melakukan konseling, melakukan bimbingan. Melakukan administrasi bimbingan dan konseling, rekapitulasi data pribadi siswa, serta layanan informasi maupun orientasi dengan pembuatan leaflet dan pengefektifan papan bimbingan. Di SMK N 3 Kasihan Bantul (SMSR) Yogyakarta terdapat jam khusus untuk Bimbingan dan Konseling yang memiliki alokasi waktu 1X 45 menit per kelas dalam 1 minggu. Dari kegiatan-kegiatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan PPL ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang proses bimbingan dan konseling, keguruan maupun kependidikan yang berinteraksi langsung dengan kehidupan peserta didik serta melatih profesionalisme sebagai guru Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Sekolah, SMK N 3 Kasihan Bantul (SMSR) Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 06:12
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32151

Actions (login required)

View Item View Item