LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMA NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul

SELY WIDIYA AYU RESTIANA, SELY WIDIYA AYU RESTIANA (2015) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMA NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14. Sely Widiya_12406241009-Pendidikan Sejarah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional di bidangnya. Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 1 Pleret dimulai pada 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Sebelum diterjunkan ke lokasi sekolah, UNY membuat berbagai program persiapan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL yang berupa pembelajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas, dan membuat rencana pembelajaran. Sementara dalam pelaksanaannya meliputi pembuatan program tahunan, program semester, pembuatan RPP, pembuatan modul, praktik mengajar, pembuatan kisi-kisi soal, pembuatan soal, analisis butir soal, evaluasi serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi antara lain kegiatan persiapan, kegiatan praktik mengajar dan kegiatan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan Proses Belajar Mengajar di kelas, agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan praktik mengajar dilakukan setiap hari Senin (jam ke-1 dan 6) di kelas XII IPS 2 dan XII IPS 1, hari Selasa (jam ke-5, 6, 7 dan 8) di kelas XI IPS 3 dan XII IPS 2 dan hari Sabtu (jam ke- 2, 3, dan 5) di kelas XII IPS 1 dan XII IPS 3. Dengan mengajar mata pelajaran Sejarah dengan menyampaikan materi Peta wilayah pendudukan Belanda dan pusat-pusat konflik Indonesia- Belanda di berbagai daerah secara kronologis, Hubungan perbedaan ideologi dan strategi dalam menghadapi Belanda dengan konflik di antara kelompok politik di Indonesia, Peran masingmasing daerah dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Hubungan hasil Konferensi Meja Bundar dengan berkelanjutnya konflik IndonesiaBelanda, Kebijakan pemerintah Indonesia dalam bidang ekonomi, birokrasi, dan hubungan pusat dengan daerah, dan militer sampai tahun 1950, Perkembangan ekonomi keuangan pada awal kemerdekaan, dan Perkembangan perbankan pada awal kemerdekaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 05:26
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32133

Actions (login required)

View Item View Item