LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul Yogyakarta

DIANI TANI SETIA, DIANI TANI SETIA (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8_Diani Tani S_12302241017_Pend Fisika.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik/ tenaga kependidikan. Program ini merupakan mata kuliah 3 SKS yang harus ditempuh oleh mahasiswa S-1 kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa kependidikan yang nantinya akan menjalani profesi sebagai seorang pendidik dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Selain itu, mahasiswa dapat merasakan dunia kependidikan secara langsung. PPL yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pleret yang berlokasi di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul berlangsung selama kurang lebih 1 bulan, yaitu sejak tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015. Kegiatan ini mencakup praktik mengajar dan praktik manajemen administrasi sekolah yang diselenggarakan oleh pihak SMA Negeri 1 Pleret. Praktik mengajar dimulai sejak tanggal 18 Agustus 2015 hingga 8 September 2015. Adapun hasil yang dicapai selama PPL, mahasiswa memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah. Praktik mengajar yang dilaksanakan dapat berjalan lancar walaupun terdapat beberapa kendala. Kendal-kendala ini dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan guru pembimbing dan terus memperbaiki diri selama proses pembelajaran. Dengan adanya PPL, mahasiswa dapat merasakan secara langsung bagaimana menjadi guru dan menghadapi berbagai kondisi dan situasi yang ada di kelas. Mahasiswa juga berhadapan langsung dengan siswa dengan segala keragaman dan problematika yang dihadapinya. Dapat dikatakan, proses PPL mahasiswa di SMA Negeri 1 pleret berjalan dengan lancar. Kegiatan PPL ini memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa. Mahasiswa PPL belajar tentang manajemen kelas dan mengelolanya. Hal yang paling penting dari PPL ini adalah mahasiswa memperoleh kegiatan berharga dan juga hubungan kekeluargaan dengan siswa, guru, maupun masyarakat sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32127

Actions (login required)

View Item View Item