LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 1 PUNDONG

Taufik Dwi Cahya, Taufik Dwi Cahya (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL_Taufik Dwi Cahya _ 12601244009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembekalan pengajaran mikro sebagai salah satu bentuk orientasi pengajaran mikro, dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (Real teaching) disekolah dalam program PPL. Kegiatan program PPL bertujuan melatih mahasiswa untuk menerapkan, mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimilikinya dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa dapat memiliki pengalaman yang dapat digunakan sebagai bekal untuk megnembangkan kompetensinya dan kemampuannya di masa yang akan datang dalam kaitannya sebagai calon pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi.Tahap persiapan meliputi pembekalan mahasiswa PPL, sebelum penerjunan ke lapangan.Tahapan pelaksanaan PPL meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah, identifikasi dan inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, pengajuan proposal dan pelaksanaan program. Setelah pelaksanaan peserta PPL wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PPL. Berkat bimbingan dan didikan Bapak/Ibu guru SMKN 1 PUNDONG pelaksanaan program kerja PPL di sekolah SMKN 1 PUNDONG dapat berjalan dengan baik lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat dilaksanakan oleh peserta PPL periode berikutnya. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hasil evaluasi yang praktikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak kendala yang harus dihadapi seperti siswanya yang malas dengan berolahraga terutama untuk siswa yang putri yang banyak alesan karena capek dengan memotivasi siswa agar tetap bersemangat untuk berolahraga agar badan tetap sehat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMKN 1 Pundong, PJOK.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32123

Actions (login required)

View Item View Item