LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul Yogyakarta

ROGHIB MASYHUN RIDHO, ROGHIB MASYHUN RIDHO (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PLERET Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5_Roghib Masyhun R_12201241076_Pend Bahasa dan Sastra Indonesia.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kemampuan keguruan atau pendidikan lainya. PPL Universitas Negeri Yogyakarta dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pleret yang dimulai dari penyerahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan pada tanggal 23 Februari 2015 sampai 12 September 2015. Dalam PPL melibatkan 21 mahasiswa yang terdiri dari 1 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan masing-masing 2 mahasiswa dari jurusan Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Seni Tari, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Kimia. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL antara lain kegiatan persiapan, kegiatan praktik mengajar terbimbing dan kegiatan praktik persekolahan. Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran yang dilakukan pada saat proses pembelajaran di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu membuat satuan program materi pembelajaran. Kegiatan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan setiap hari Senin (jam ke-7 dan 8) di kelas X A, Selasa (jam ke-1 dan 2) di kelas X A, Rabu (jam ke-3 dan 4) di kelas X B, dan Kamis (jam ke-5 dan 6) di kelas X B dengan mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Kegiatan diisi dengan menyampaikan materi paragraf naratif, deskriptif, dan ekspositif, serta mengadakan ulangan pada pertemuan terakhir. Hasil dari kegiatan PPL yaitu praktik mengajar sebanyak 38 jam pelajaran di kelas X. Keberhasilan PPL yang dilakukan praktikan tidak terlepas dari peran praktikan yang didukung oleh pihak sekolah, khususnya guru pembimbing serta dosen pembimbing lapangan (DPL). Oleh karena itu, harapannya program kegiatan PPL dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional, yaitu untuk menjadi pendidik yang berbudi luhur dengan mengamalkan pancasila

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32122

Actions (login required)

View Item View Item