LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 1 PUNDONG

Dodi Margiono, Dodi Margiono (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Dodi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar disekolah dalam program PPL. Dengan adanya pembelajaran mikro, praktikan diajarkan bagaimana cara dalam melakukan pembelajaran di sekolah dari pembuatan administrasi mengajar sampai metode-metode dalam melakukan pembelajaran yang baik. Praktik mengajar terbimbing adalah yaitu dimana praktikan masih didampingi saat pengajaran di dalam kelas . Selain itu praktikan juga masih mendapat arahan dalam pembuatan perangkat pembelajaran seperti program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, dan alokasi waktu. Praktek mengajar mandiri, yaitu dimana praktikan melaksanakan praktik mengajar yang sesuai dengan program studi praktikan dan sesuai dengan mata diklat yang diajarkan oleh guru pembimbing didalam kelas secara penuh dari membuka, pelaksananaan, maupun menutup pelajaran. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang ada dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan digunakan sebagai pedoman dalam pembuatan matrei pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali pertemuan. Sesuai dengan tugas yang diberikan oleh pihak SMK N 1 Pundong , praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Perbaikan LAN (Perb.LAN) untuk kelas XI TKJ A dan XI TKJ B baik dalam bentuk tatap muka di depan kelas teori ataupun kegiatan praktikum. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta didik menguasai materi setelah diadakannya kegiatan pembelajaran. Terdapat kendala yang harus dihadapi praktikan saat melakukan evaluasi seperti banyak siswa yang saat ulangan mendapatkan nilai di bawah KKM karena tidak belajar sehingga harus diadakan remidial. Untuk kelas XI terdapat terdapat beberapa peserta didik yang belum punya motivasi sehingga dari pihak praktikan harus bekerja keras memberikan motivasi agar kondisi siswa menjadi lebih baik sehingga memahami materi yang disampaikan

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMKN 1 Pundong, Perb.LAN.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:18
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32120

Actions (login required)

View Item View Item