LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Yulistiana Nindi Nur Imawati, Yulistiana Nindi Nur Imawati (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
laporan PPL_Yulistiana Nindi _12520241015.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib dengan bobot 3 sks yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil program studi kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi. Mahasiswa menempuh mata kuliah micro teaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Dalam praktik mengajar, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengajar di kelas XI TKJ A, XI TKJ B dan X TKJ B dengan jumlah mengajar sebanyak 10 kali pertemuan. Melalui program PPL ini mahasiswa dapat memperoleh banyak manfaat, antara lain : (1) program PPL memberikan kesempatan dalam melakukan pemantapan kemampuan professional Guru ;(2) mendemonstrasikan kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan ;(3) melakukan perbaikan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik ;(4) mendalami karakteristik peserta didik dalam rangka memotivasi belajarnya ;(5) mengidentifikasi permasalahan pembelajaran di kelas dan mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut secara individu maupun kelompok ;(6) menerapkan pembelajaran inovatif ;(7) wahana melatih bekerja secara tim. Dari pelaksanaan kegiatan PPL di SMK N 1 Pundong ini dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, TKJ, SMK N 1 Pundong.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32119

Actions (login required)

View Item View Item