Khafid Ferdiansyah, Khafid Ferdiansyah (2015) PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SMK N 1 PUNDONG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Laporan PPL Khafid.pdf Download (579kB) | Preview |
Abstract
Pembekalan pengajaran mikro sebagai salah satu bentuk orientasi pengajaran dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (real teaching) disekolah dalam program PPL. Praktek mengajar terbimbing adalah praktek mengajar dimana praktikan masih mendapat arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Praktek terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata mata pelajaran. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Praktik Penerangan dan Instalasi Listrik (PPIL) untuk kelas X TITL A dan X TITL B. Praktikan melaksanakan KBM dalam bentuk tatap muka di depan kelas Teori dan Praktik. Mengajar berpasangan menjadi salah satu bentuk mengelola kelas pada saat paktik mengajar. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hasil evaluasi yang praktikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak kendala yang harus dihadapi seperti siswanya yang malas membaca buku catatan sehingga ketika pengambilan penilaian masih banyak yang tidak memenuhi KKM. Untuk kelas X masih banyak siswa yang belum punya motivasi sehingga dari pihak praktikan harus bekerja keras agar kondisi siswa mampu menerima materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SMK Negeri 1 Pundong, Praktek Pengalaman Lapangan, PPIL |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |