Laporan Praktik Pengalaman Lapangan Lokasi: Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kanoman, Tegal Pasar, Banguntapan, Bantul

Pinasthi Damayanti, Pinasthi Damayanti (2015) Laporan Praktik Pengalaman Lapangan Lokasi: Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita Kanoman, Tegal Pasar, Banguntapan, Bantul. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pinasthi Damayanti (12103244030).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 dilaksanakan di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita. Kegiatan dilakukan selama 30 hari dan diikuti oleh 11 mahasiswa Pendidikan Luar Biasa. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengalaman mengajar dan non mengajar di sekolah. Selama kegiatan PPL / Magang III, penulis diwajibkan melaksanakan praktik mengajar terbimbing secara individu dan melaksanakan kegiatan non mengajar. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan kegiatan mengajar diawali dengan melakukan observasi, persiapan mengajar, pelaksanaan dan evaluasi. Observasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan dasar dan potensi yang dimiliki peserta didik dalam hal ini peserta didik autisme. Persiapan mengajar yang dilakukan adalah berkolaborasi dengan guru pembimbing menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan membuat media pembelajaran yang sesuai dengan RPP. Selain kegiatan mengajar, penulis melaksanakan kegiatan non mengajar dilaksanakan secara kelompok. Selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) / Magang III di Sekolah Khusus Autisme di Bina Anggita penulis berhasil menyusun dan menyampaikan empat tema rencana pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan mengajar terbimbing. Kegiatan non mengajar juga berhasil dilakukan melalui kegiatan penataan buku perpustakaan, Jumat bersih, game show kemerdekaan, pendampingan senam pagi, pendampingan upacara bendera, pendampingan karawitan, pendampingan menari, pendampingan menyanyi, pendampingan jalan sehat dan renang, serta pendampingan sensori integrasi dan drum band secara kelompok.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Siswa
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32101

Actions (login required)

View Item View Item