PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA SEMESTER 6 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN JASMANI

Bayu Aji Indriawan (2015) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR OLEH MAHASISWA SEMESTER 6 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PENDIDIKAN JASMANI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAYU AJI I.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahui seberapa maksimal pemanfaatan fasilitas Wifi oleh mahasiswa PGSD Penjas diarea kampus UNY meski jumlah pendaftar secara keseluruhan mahasiswa UNY sebanyak 28624 orang per tanggal 21 September 2015. Kurangnya minat mahasiswa FIK UNY untuk berkunjung ke laboraturium komputer FIK UNY (Laboraturium Media Pembelajaran) dilihat dari hasil penelitian Fuad Adi Candra (2013) atas dasar kepuasan pelayanan. Penggunaan LIMUNY sebagai salah satu tempat akses internet yang paling diminati dilihat dari jumlah pengunjung rata-rata perhari sejumlah 827 orang pada tahun 2013. Belum diketahui seberapa maksimal pemanfaatan E-Learning sebagai salah satu sumber belajar berbasis internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi pemanfaatan internet sebagai sumber belajar oleh mahasiswa semester 6 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, dengan dengan instrument berupa angket tertutup. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani yang berjumlah 99 orang. Instrument dalam penelitian ini berupa angket. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Karl Person dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach.. Hasil uji reliabilitas menunjukkan angka sebesar 0,951. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar oleh Mahasiswa Semester 6 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani berada pada kategori “sedang” sebanyak 35 mahasiswa (35,35%), pada kategori “tinggi” sebanyak 32 mahasiswa (32,32%), pada kategori, pada kategori rendah sebanyak 21 mahasiswa (21,21%), pada kategori “sangat rendah” sebanyak 9 mahasiswa (9,09%), dan pada kategori“sangat tinggi” sebanyak 2 mahasiswa (2,02%). Berdasarkan analisis data diketahui bahwa Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar oleh Mahasiswa Semester 6 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani mayoritas berada pada kategori “sedang” sebanyak 35 mahasiswa (35,35%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Internet, Sumber Belajar, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:58
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32095

Actions (login required)

View Item View Item