LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 3 BANTUL

Kiki Pratiwi, Kiki Pratiwi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 3 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KIKI PRATIWI BHS JERMAN 12203241009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan ilmu pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Sehinga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Dalam kegiatan PPL praktikan bersama dengan kelompok mengerjakan program-program yang telah direncanakan. Program-program PPL kelompok merupakan program yang dirasa perlu setelah praktikan dengan kelompok melakukan observasi sekolah terlebih dahulu dan telah melalui persetujuan dari dosen pembimbing lapangan, dan guru koordinator pembimbingsekolah serta kepala sekolah. Kegiatan belajar mengajar SMA N 3 Bantul. Dalam kegiatannya praktikan mengajar mata pelajaran sesuai bidangnya. Selain melakukan praktik mengajar mahasiswa juga melakukan praktik persekolahan seperti setiap Senin dan hari besar nasional selalu mengikuti upacara bendera serta melakukan tugas piket dengan jadwal yang sudah disepakati oleh mahasiswa dengan wakil kepala sekolah urusan kurikulum Dalam kegiatan PPL, kegiatan yang dilakukan praktikan meliputi persiapan berupa penyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus. Di dalam pelaksanaannya praktikan sering melakukan konsultasi dengan guru pembimbing sekolah dan dosen pembimbing dari jurusan, dan pembuatan soal evaluasi serta analisis butir soal. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kela XI IPA 4, dan X.5. Selama melaksanakan PPL mahasiswa PPL tidak mengalami hambatan, mahasiswa praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang baik dengan guru pembimbing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32091

Actions (login required)

View Item View Item