PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR RITMIK DENGANCOOPERATIVE LEARNING METODE JIGSAW KELAS V SD NEGERI 3 PEKALONGAN

Lenis Ary Sonta (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR RITMIK DENGANCOOPERATIVE LEARNING METODE JIGSAW KELAS V SD NEGERI 3 PEKALONGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Lenis Ary Sonta.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Pekalongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga pada materi gerak dasar ritmik dengan menggunakan model cooperative learning metode jigsaw Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class room Action Research yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdapat 4 tahapan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Pekalongan, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga dengan jumlah 22 siswa. Dalam setiap siklusnya peneliti memberikan materi senam ritmik dengan metode pembalajaran cooperative metode jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk menilai siswa adalah lembar tes pengetahuan, unjuk kerja dan sikap siswa yang diisi oleh guru. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk menilai guru adalah lembar observasi kemampuan guru dan sikap siswa yang diisi oleh kolaborator dan angket tanggapan siswa yang diisi oleh siswa setelah pembelajaran selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang akhirnya memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 75 sebanyak 90,9% dengan jumlah 20 orang dan belum yang belum dapat memenuhi KKM 75 sebanyak 9.1% dengan jumlah siswa 2 orang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran ritmik, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:57
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32087

Actions (login required)

View Item View Item