PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN AKTIVITAS AIR DI SMP NEGERI 2 KLATEN

Septyan Wahyu Adhitama (2016) PERSEPSI SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN AKTIVITAS AIR DI SMP NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SEPTYAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Klaten sudah menempuh pembelajaran aktivitas air. Namun persepsi terhadap pembelajaran tersebut belum diketahui, karena itu perlu adanya penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas VIII terhadap pembelajaran aktivitas air di SMP Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan 20 butir pernyataan. Uji coba instrumen penelitian dilakukan pada 34 siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Klaten. Angket dinyatakan valid dan reliabel (r hitung = 0,841). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan C SMP Negeri 2 Klaten yang berjumlah 67 responden yang ditentukan menggunakan metode cluster sampling dengan cara mengundi secara acak. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Klaten terhadap pembelajaran aktivitas air yang masuk kategori sangat positif 65,7%, kategori positif 34,3%, dan tidak ada (0%) responden mempunyai persepsi yang kurang positif dan negatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka persepsi siswa kelas VIII terhadap pembelajaran aktivitas air di SMP Negeri 2 Klaten sebagian besar adalah sangat positif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran aktivitas air.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32086

Actions (login required)

View Item View Item