HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SOSIAL EKONOMI DENGAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR SOKOWATEN BARU KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL

Hayatun Muslimah (2015) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT SOSIAL EKONOMI DENGAN STATUS GIZI SISWA SEKOLAH DASAR SOKOWATEN BARU KECAMATAN BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Full.pdf

Download (92MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kondisi SDN Sokowaten Baru berasal dari berbagai kalangan yang berstatus sosial ekonomi yang berbeda-bed. Status sosial ekonomi merupakan variabel yang sering dilihat hubungannya dengan status gizi dan kesehatan, yang mana belum diketahuinya besarnya hubungan antara tingkat sosial ekonomi dengan status gizi, maka tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat sosial ekonomi dengan status gizi siswa SDN Sokowaten Baru Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode survei. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket, sedangkan untuk mengukur statsu gizi menggunakan tes antropometri (tinggi badan dan berat badan). Validitas angket dalam penelitian ini sebesar 0,861 dan reliabilitasnya 0,951. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV dan V SD N Sokowaten Baru yang berjumlah 100 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukan nilai r hitung sebesar 0,555 > r (0,165). Maka dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat sosial ekonomi dengan status gizi siswa Sekolah Dasar Sokowaten Baru Kecamatan Banguntapan Bantul. Hasil koefisien determinan (R²) variabel status sosial ekonomi sebesar 0,308, nilai tersebut diartikan tingkat sosial ekonomi memberikan sumbangan sebesar 30,8 % terhadap status gizi siswa Sekolah Dasar Sokowaten Baru, sisanya sebesar 69,2 % dipengaruhi faktor lain. tabel(0,05)(99)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, tingkat sosial ekonomi, status gizi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Apr 2016 08:59
Last Modified: 30 Jan 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32080

Actions (login required)

View Item View Item