PENGARUH eWOM TERHADAP BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST, SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI PRODUK SMARTPHONE IPHONE (Studi pada Masyarakat di Yogyakarta)

Anggitasari, Annisa (2016) PENGARUH eWOM TERHADAP BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST, SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI PRODUK SMARTPHONE IPHONE (Studi pada Masyarakat di Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
AnnisaMaygaAnggitasari_12808144016.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh eWOM terhadap brand image produk smartphone iPhone, (2) pengaruh eWOM terhadap brand trust produk smartphone iPhone, (3) pengaruh brand image terhadap minat beli produk smartphone iPhone, (4) pengaruh brand trust terhadap minat beli produk smartphone iPhone, (5) pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone iPhone, (6) pengaruh pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand image, (7) pengaruh eWOM terhadap minat beli produk smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand trust. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang mengetahui smartphone iPhone. Sampel sebanyak 180 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Uji validitas instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analisys sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan program AMOS versi 21.0 Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) eWOM berpengaruh positif terhadap brand image produk smartphone iPhone dengan CR 4,487>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (2) eWOM berpengaruh positif terhadap brand trust produk smartphone iPhone dengan CR 4,929>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (3) brand image berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone dengan CR 3,786>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (4) brand trust berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone dengan CR 3,093>1,96 nilai p-value (0,002 < 0,05). (5) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone dengan CR 4,235>1,96 nilai p-value (0,000 < 0,05). (6) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand image dengan pengaruh tidak langsung (PTL) 0,080. (7) eWOM berpengaruh positif terhadap minat beli produk smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand trust dengan PTL 0,072. Brand image dan brand trust merupakan variabel mediasi parsial atau bukan mediasi penuh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eWOM, brand image, brand trust, minat beli
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 09 May 2016 04:23
Last Modified: 30 Jan 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32079

Actions (login required)

View Item View Item