MOTIVASI BELAJAR KETERAMPILAN MENJAHIT REMAJA PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA

Dwi Murwani, Dwi (2016) MOTIVASI BELAJAR KETERAMPILAN MENJAHIT REMAJA PUTUS SEKOLAH DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi_Dwi Murwani_12102241026_0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Motivasi belajar keterampilan menjahit remaja putus sekolah di BPRSR Yogyakarta, (2) Upaya meningkatkan motivasi belajar keterampilan menjahit remaja putus sekolah di BPRSR Yogyakarta, (3) Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar keterampilan menjahit remaja putus sekolah di BPRSR Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah remaja putus sekolah, instruktur dan pegawai BPRSR Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar keterampilan menjahit remaja putus sekolah di BPRSR Yogyakarta masih dipengaruhi oleh faktor dari luar diri remaja seperti instruktur, pegawai, fasilitas dan layanan, (2) Upaya meningkatkan motivasi belajar keterampilan menjahit remaja putus sekolah di BPRSR Yogyakarta dilakukan dengan cara menggairahkan remaja untuk belajar, memberikan harapan yang realistis, memberikan insentif berupa pujian dan hukuman serta pendampingan remaja binaan (3) Faktor intrinsik yang mempengaruhi motivasi belajar keterampilan menjahit adalah minat, cita-cita di masa depan, kemampuan IQ dan kondisi psikologis remaja, sedangkan faktor ekstrinsik adalah fasilitas, layanan, pujian dan hukuman, peran instruktur, peran pegawai, dukungan keluarga dan teman bergaul. Kata kunci: motivasi belajar, keterampilan menjahit, remaja putus sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Apr 2016 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32070

Actions (login required)

View Item View Item