KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD SARWO AGUNG BEJIHARJO KARANGMOJO GUNUNG KIDUL

Laila Hikmawati, Laila (2016) KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN PERMAINAN TRADISIONAL DI PAUD SARWO AGUNG BEJIHARJO KARANGMOJO GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Laila Hikmawati_12102244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Pelaksanaan pembelajaran di PAUD Sarwo Agung melalui permainan tradisional. 2) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam memanfaatkan permainan tradisional. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan permainan tradisional di PAUD Sarwo Agung Bejiharjo Karangmojo Gunung Kidul. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini meliputi; pengelola PAUD Sarwo Agung, pendidik PAUD Sarwo Agung dan orang tua atau wali peserta didik PAUD Sarwo Agung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung pada pelaksanaan pembelajaran melalui permainan tradisional, Wawancara dilakukan kepada pengelola, pendidik dan orang tua atau wali peserta didik PAUD Sarwo Agung. Analisis data dilakukan dengan; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Kemampuan guru dalam memanfaatkan permainan tradisional sudah baik. Guru terlibat dalam permainan tradisional dan berperan sebagai pemandu serta pelaksana permainan tradisional. 2) Pelaksanaan permainan tradisional dimulai dengan kegiatan perencanaan yaitu merancanakan pembelajaran, materi, strategi pembelajaran dan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan yaitu kegiatan bermain sambil belajar yang meliputi bermain ombak banyu, lompat tali dan sundamandah. Tahap evaluasi yaitu mengidentifikasi hambatan pelaksanaan program. 3) Faktor pendorong: a) sarana dan prasarana yang mendukung. b) Minat belajar peserta didik dalam belajar tinggi. c) dukungan wali murid. d) anak-anak merasa senang. e) peserta didik yang sehat. Faktor penghambat: a) pengetahuan pendidik yang kurang pandai dalam menginofasikan permainan tradisional. b) mood peserta didik yang tidak menentu. c) peserta didik yang tidak mau berhenti bermain. d) anak tidak mau berangkat apabila orang tua tidak mengantar. Kata Kunci :kemampuan guru, permainan tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Apr 2016 01:49
Last Modified: 30 Jan 2019 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32068

Actions (login required)

View Item View Item