Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Peserta Didik SMP

Haeppi, Yulia (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Curiosity Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulia-haeppi-14708259016.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal yang layak dalam meningkatkan keterampilan generik sain dan curiosity peserta didik SMP; dan (2) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal dalam meningkatkan keterampilan generik sain dan curiosity peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan modifikasi 4D (Thiagarajan, Semmel, & Semmel) dan Borg & Gall yang terdiri dari langkah-langkah: (1) define (researh and information collecting); (2) design (planning); (3) develop (develop preliminary from of product, preliminary field testing and main product revision; dan (4) disseminate (main field testing, operational product revision). Produk perangkat pembelajaran IPA yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD dan instrumen penilaian. Produk divalidasi oleh 6 validator dan diujikan pada peserta didik kelas VII tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari: (1) uji coba awal sebanyak 27 peserta didik kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan; dan (2) uji coba utama sebanyak 36 peserta didik kelas eksperimen, dan 34 peserta didik kelas kontrol SMP Negeri 3 Bumiayu. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini yaitu instrumen validasi produk, lembar observasi keterlaksanaan pembelajran IPA, tes keterampilan generik sains, lembar angket curiosity, dan lembar angket respon siswa terhadap proses pembelajaran IPA berbasis potensi lokal. Data hasil validasi produk, observasi keterlaksanaan pembelajaran IPA, dan angket respon siswa dianalisis secara statistik deskriptif. Validitas dan reliabilitas instrumen tes diujikan dengan program WINSTEPS. Efektifitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan generik sain dan curiosity pada uji coba awal dianalisis dengan menggnakan uji-t berpasangan dan pada uji coba lapangan dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity peserta didik SMP dengan kategori penilaian sangat baik; dan (2) perangkat pembelajaran IPA berbasis potensi lokal yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan generik sains dan curiosity peserta didik SMP dengan nilai signifikansi p = 0,000 < α = 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, potensi lokal, keterampilan generik sains, curiosity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:43
Last Modified: 09 May 2019 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32050

Actions (login required)

View Item View Item