LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015

Rahmawati Nur Kumala Putri, Rahmawati Nur Kumala Putri (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAHMAWATI NUR KUMALA PUTRI_12108241150_PGSD.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada tahun 2015 merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah serta untuk mengembangkan potensi mengajar mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. SD Negeri 1 Sekarsuli merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Program PPL yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli berlangsung mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Dengan kegiatan PPL, diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan serta memberikan pengalaman mengajar secara professional di lingkungan sekolah bagi mahasiswa. Secara umum, pelaksanaan kegiatan PPL berjalan dengan baik sesuai dengan rancangan yang telah disusun sebelumnya. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari praktik mengajar terbimbing, praktik mengajar mandiri, ujian praktik mengajar, serta pelaksanaan program kerja kelompok. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing dilaksanakan lima kali yaitu pada tanggal 13 Agustus 2015, 18 Agustus 2015, 24 Agustus 2015, 28 Agustus 2015, dan 3 September 2015. Sedangkan pelaksanaan praktik mengajar mandiri dilaksanakan satu kali yaitu pada tanggal 4 September 2015. Untuk ujian praktik mengajar dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal 8 dan 9 September 2015. Masing-masing jenis praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan tinggi. Pelaksanaan program kelompok dimulai sejak minggu pertama mahasiswa diterjunkan di lokasi PPL. Program yang telah dilaksanakan di SD Negeri 1 Sekarsuli yaitu pengelolaan perpustakaan, pendampingan TPA, kegiatan semangat pagi, lomba 17 Agustus, pendampingan upacara, senam sehat, pendampingan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, kegiatan ekstrakurikuler badminton, pendampingan CCA (Cerdas Cermat Agama), perpisahan PPL, dan penyusunan laporan. Program kelompok dapat berjalan dengan baik berkat dukungan dan partisipasi dari seluruh warga SD Negeri 1 Sekarsuli. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan PPL di SD Negeri 1 Sekarsuli, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari kedalam proses pembelajaran di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SD Negeri 1 Sekarsuli. Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 07:17
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32038

Actions (login required)

View Item View Item