OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN MELALUI PENGEMBANGAN DATABASE KEPEGAWAIAN SMK DI DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NONFORMAL KABUPATEN BANTUL

Nurvita Hardiana, Nurvita Hardiana (2015) OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN MELALUI PENGEMBANGAN DATABASE KEPEGAWAIAN SMK DI DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NONFORMAL KABUPATEN BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8. Nurvita Hardiana - 12101241053 - PPL II - MP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul memiliki beberapa bidang dalam susunan organisasi. Salah satu bidang dalam susunan organisasi tersebut adalah Subag Kepegawaian. Tugas pada Subbag Kepegawaian yang dilakukan adalah menyelenggarakan pengumpulan data dan informasi kepegawaian, namun di lapangan masih terdapat data pegawai yang kosong serta terdapat kesalahan dalam melakukan pengentryan. Data tersebut memberikan informasi kepada dinas terkait dengan pegawai sekolah Kabupaten Bantul. Oleh karena itu, perlu adanya pengoptimalan database terkait dengan pegawai khususnya pendidik SMK untuk mempermudah pencarian dan pengolahan data sesuai kebutuhan. Pelaksanaan dilakukan dengan pengumpulan data dari berkas guru SMK yang diterima dinas. data yang telah terentry kemudian direkap dan diolah sesuai dengan format yang ada yaitu menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Access. Pengentryan data program utama dilakukan untuk 1569 guru SMK (PNS dan bukan PNS) di Kabupaten Bantul atau dalam 48 sekolah (Negeri dan Swasta). Dalam pelaksanaan program kerja terdapat beberapa kendala, namun tidak menghambat kelancaran program. Output yang dihasilkan dari program utama yaitu berupa database guru SMK baik PNS maupun PNS, data pensiun tahun 2016-2020, dan form. Form ini berfungsi untuk memudahkan ketika membaca data untuk masing-masing guru. Berdasar pelaksanaannya baik program utama, penunjang, maupun program tambahan dapat dikatakan untuk ketercapaian mencapai 80% pada tingkat keberhasilannya namun pada keterlaksanaan program sudah mencapai 100%. Refleksi yang dapat diperoleh mahasiswa dari pelaksanaan program adalah pengalaman komunikasi, serta pengalaman koordinasi antara pihak mahasiswa PPL dengan pihak dinas maupun orang-orang di sekitar lingkungan PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32024

Actions (login required)

View Item View Item