PEMBUATAN DATABASE PROFIL GURU SMK BERBASIS KOMPUTER PADA BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015

Edi Setiawan, Edi Setiawan (2015) PEMBUATAN DATABASE PROFIL GURU SMK BERBASIS KOMPUTER PADA BIDANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN DINAS PENDIDIKAN MENENGAH DAN NON FORMAL KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5. Edi Setiawan - 12101241033 - PPL II - MP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan (Dikmenjur) merupakan salah satu unit atau bidang kerja di lingkungan Dinas Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul. Salah satu misi yang dicanangkan oleh Dikmenjur adalah peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan minat bakat siswa menuju kompetensi yang unggul dan berdaya saing tinggi. Sehingga untuk dapat mewujudkan misi tersebut dibutuhkan seorang guru yang profesional yang mampu mencerdaskan dan menggali potensi anak bangsa di Kabupaten Bantul. Keberadaan guru sangat penting dalam mengukir prestasi anak bangsa dan oleh karena itu perlu pembinaan lebih lanjut, agar dapat lebih memiliki kompetensi dalam mendidika siswa-siswi di sekolah. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan, Dikmenjur belum memiliki data profil guru yang lengkap untuk menindaklanjuti kompetensi guru SMK di Kabupaten Bantul. Maka, melalui program pembuatan data profil guru, diharapkan Dikmenjur dapat mengetahui situasi dan kondisi guru di seluruh SMK di Kabupaten Bantul, sehingga dapat dianalis dan dievaluasi untuk membuat program yang tepat bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya. Langkah awal untuk mengumpulkan data guru tersebut adalah pembuatan form yang memuat point-point penting seperti bidang studi yang diampu, beban jam mengajar, pangkat/golongan, keterangan sertifikasi dan sebagainya. Selanjutnya adalah pemberitahuan atau sharing informasi ke 42 SMK negeri dan swasta di Kabupaten Bantul melalui email Dikmenjur. Setelah data terkumpul, kemudian diolah dengan menggunakan Ms. Excel. Adapun hasil dari program tersebut adalah buku data guru SMK Se-Kabupaten Bantul baik softcopy maupun hardcopy.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32018

Actions (login required)

View Item View Item