LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DRIVE UNTUK ANALISIS POTENSI LULUSAN SISWA SMK SE –KAB BANTUL TAHUN 2014/2015

ANNISA LESTARI WIDODO, ANNISA LESTARI WIDODO (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II PEMANFAATAN APLIKASI GOOGLE DRIVE UNTUK ANALISIS POTENSI LULUSAN SISWA SMK SE –KAB BANTUL TAHUN 2014/2015. Laporan pPL.

[img]
Preview
Text
2. Annisa Lestari W - 12101241040 - PPL II - MP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang Pendidikan yang dipimpin oleh Kepala Dinas dan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Adapun tugas pokok Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Kabupaten Bantul yaitu melaksanakan urusan rumah tangga Pemerintah Daerah dan tugas pembantuan di bidang pendidikan. Bidang Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (Dikmenjur) adalah salah satu bidang di DIKMENOF kabupaten Bantul yang terdiri dari dua seksi yaitu, seksi Kurikulum dan Tenaga Kependidikan, dan seksi Pengembangan dan Sarana. Unit kerja ini memiliki satu kepala bidang dan dua kepala seksi serta dibantu oleh empat staff. Permasalahan yang ditemukan di Dikmenjur adalah belum terdatanya lulusan SMK tahun 2015. Di mana Dimenjur memiliki tugas untuk melaksanakan supervisi satuan pendidikan di SMK dalam penjaminan mutuuntuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, Sehingga dengan mengetahui data lulusan siswa SMK, maka Dinas dapat mengetahui keterserapan lulusan SMK dan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pengambilan kebijakan pendidikan di masa yang akan datang Berdasrakan form rekap data SMK Se-kab Bantul ada 49 sekolah, namun sekolah yang sudah meluluskan muridnya ada 44 sekolah, jadi 5 sekolah lainnya merupakan sekolah baru yang belum memiliki lulusan per tahun ajaran 2015. Dari 44 sekolah tersebut, data yang terkumpul sejumlah 38 sekolah, atau presetase data yang masuk adalah 86,3%. Kekurangan data dari 6 sekolah akan ditindaklanjuti dari pihak Dinas. Selain itu dapat diketahui juga bahwa banyak dari sekolah yang belum mendata lulusannya dengan baik, padahal hal ini sangat penting untuk melihat apakah lulusan sari SMK mampu diserap oleh dunia kerja dengan baik sesuai dengan tujuan dari SMK itu sendiri.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:40
Last Modified: 27 Apr 2016 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32012

Actions (login required)

View Item View Item