PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR PERSEDIAAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS XI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO

SAPUTRO AJI, BAYU (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DENGAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI DASAR PERSEDIAAN AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG UNTUK SISWA KELAS XI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _ BAYU_12803244007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran yang berbasis komputer dengan aplikasi Adobe Flash pada kompetensi dasar persediaan Akuntansi Perusahaan Dagang untuk siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo, 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer menggunakan Adobe flash pada kompetensi dasar persediaan akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo berdasarkan validasi/penilaian dari ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran akuntansi, dan siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang disebut Research and Development (R&D) yang diadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun hanya dilaksanakan hingga tahap Implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo kelas XI jurusan Akuntansi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan angket. Kemudian setelah mendapatkan hasil data dari angket baru dianalisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis komputer menggunakan Adobe flash pada kompetensi dasar persediaan akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo memberikan manfaat untuk proses belajar mengajar sehingga siswa tidak monoton dalam belajar; 2) Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian: a) Ahli Materi diperoleh 4,78 (Sangat Layak), b) Ahli Media diperoleh 4,24 (Sangat Layak), c) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh 4,21 (Sangat Layak), d) Siswa diperoleh 4,50 (Sangat Layak). Dari hasil penilaian kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar persediaan akuntansi perusahaan dagang untuk siswa kelas XI SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Berbasis Komputer, Adobe Flash, ADDIE
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Apr 2016 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32003

Actions (login required)

View Item View Item